June 4, 2021 By dijurido.net 0

Makanan Berserat Tinggi Teratas

Mengkonsumsi makanan berserat tinggi memang sangat dianjurkan oleh para ahli gizi dan dokter, namun sebenarnya apa sih serat itu dan apa manfaatnya? Serat atau serat berasal dari dinding sel makanan nabati. Itu tidak dapat dicerna atau diserap oleh tubuh. Karena serat melewati tubuh tanpa tercerna, serat membantu menjaga usus tetap bersih, mendetoksifikasi tubuh dan menjaga kesehatan organ.

Makanan berserat seperti kacang polong, alpukat, kacang-kacangan, gandum, wortel, biji-bijian dan kacang-kacangan adalah sumber Makanan Berserat Tinggi yang baik. Studi menunjukkan manfaat kesehatan serat untuk kolesterol, gula darah, penurunan berat badan, kesehatan pencernaan dan kesehatan otak.

Penurunan berat badan dan makanan kaya serat berjalan bersama dengan baik. Para peneliti dari University of Massachusetts berangkat untuk menunjukkan bahwa hanya makan lebih banyak makanan berserat tinggi setiap hari bisa Harga Jual Flimty Fiber Murah lebih efektif daripada membatasi makanan untuk menurunkan berat badan.

Para peserta dibagi menjadi dua kelompok: satu yang mengikuti rencana makan yang disarankan oleh American Heart Association (termasuk membatasi kalori, meningkatkan serat, dan menyeimbangkan lemak, karbohidrat dan protein) dan kelompok lain yang meningkatkan asupan serat mereka sebesar 30 gram per hari. dan tidak mengubah apa pun. Kelompok yang meningkatkan seratnya kehilangan berat badan hampir sebanyak kelompok lainnya, dengan diet sederhana yang lebih mudah diikuti.

Menurut WebMD, serat yang ditemukan dalam biji-bijian seperti beras merah, kacang-kacangan dan sayuran adalah “Pencahar Alam”. Untuk kesehatan pencernaan dan usus besar, penelitian telah menunjukkan bahwa peningkatan serat makanan dapat mengurangi risiko kanker usus besar. Serat bertindak untuk mempercepat perjalanan makanan melalui usus dan mengurangi waktu limbah beracun di dalam tubuh.

Satu studi penelitian yang diterbitkan dalam jurnal kesehatan Amerika meneliti hubungan antara diet tinggi sayuran, buah tinggi, rendah lemak dan terjadinya kanker usus besar. Ditemukan bahwa semakin baik peserta mengikuti rencana serat tinggi, semakin rendah risiko mereka. Faktanya, “pengikut super” mengalami penurunan tiga puluh lima persen kemungkinan terjadinya kanker usus besar selama tujuh tahun percobaan.

Serat dapat menjadi komponen kesehatan otak yang sehat. Satu studi tentang kesehatan otak dilaporkan dalam jurnal “Stroke”. Stroke adalah sesuatu yang dapat terjadi jika terjadi penurunan aliran darah kaya oksigen ke otak. Para peneliti di Inggris menganalisis tujuh studi yang berkaitan dengan diet kaya serat dan efeknya pada kesehatan otak. Mereka menemukan bahwa untuk setiap tujuh gram lebih banyak serat yang dimakan seseorang setiap hari, risiko stroke pertama mereka turun tujuh persen.

Tujuh gram serat dapat ditemukan dalam tiga porsi makanan kaya serat seperti biji-bijian, sayuran atau buah-buahan, dan penelitian menunjukkan bahwa bahkan beralih dari roti putih atau pasta ke versi gandum utuh dapat bermanfaat.